Tentang 300 Doktor

Keberhasilan pembangunan daerah sangat bergantung pada aparatur pemerintah daerah yang menjalankan fungsi regulasi maupun fungsi pelayanan publik dalam konteks otonomi daerah.

Kualitas aparatur pemerintahan daerah diukur dari tingkat profesionalitas aparatur dan penempatannya dalam jabatan sesuai dengan potensi dan kompetensi individu sehingga dapat secara optimal mewujudkan visi pemerintahan daerah. Untuk itu dibutuhkan aparatur pemerintah daerah yang memadai baik dari segi jumlah maupun kualitas. Terlebih didalam RPJPD, pembangunan aparatur menjadi salah satu misi pembangunan daerah dengan penekanan pada penciptaan good and clean government karena pemerintahan yang baik dan bersih dapat diwujudkan melalui aparatur yang profesional dan manajemen aparatur yang tepat dan efektif. Kemampuan otonomi ini tidak serta merta terbangun, perlu adanya akumulasi tindakan perbaikan dan terobosan kualitas Sumber Daya Manusia Birokrasi dalam pembangunan.

Untuk menghadapai tantangan pembangunan di masa mendatang dan mengakselerasi pencapaian visi dan misi pembangunan Jawa Barat sampai dengan tahun 2025, mulai tahun 2012 Pemerintah Provinsi Jawa Barat merintis pengembangan kualitas sumber daya aparatur daerah melalui Program 300 Doktor Luar Negeri. Program ini memiliki tujuan jangka panjang untuk menyiapkan generasi muda birokrat baik provinsi, kabupaten maupun kota di Jawa Barat yang berkualitas tinggi dalam wawasan dan pengembangan keilmuan, pola fikir, kemandirian, dan nilai-nilai positif lainnya sehingga mampu menghadapi dan mengatasi berbagai permasalahan pembangunan yang nyata dikemudian hari, dalam orientasi pergaulan dan networking nasional maupun internasional. Sesuai dengan hakikat program pendidikan doktoral sendiri yang fokus pada pembentukan kemampuan secara individu untuk menghasilkan suatu theoritical framework dalam memecahkan persoalan dalam dunia ilmu pengetahuan dan akademik serta dapat diterapkan pada dunia professional.

Perwujudan SDM birokrat yang adaptif, solutif dan kontributif terhadap pembangunan Provinsi Jawa Barat sampai dengan tahun 2025 merupakan cita-cita jangka panjang yang perlu ditunjang dengan langkah-langkah strategik untuk memperkuat keberlanjutan program. Langkah strategik tersebut disusun dalam suatu grand design Program 300 Doktor Luar Negeri provinsi Jawa Barat dengan salah satu tahapan yang paling mendasar adalah identifikasi kebutuhan Doktor Pembangunan Provinsi Jawa Barat sampai dengan tahun 2025. Hasil dari kajian ini kedepannya menjadi acuan bagi Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota di Jawa Barat dalam menentukan action plan per tahunnya sampai dengan tahun 2025 ataupun dalam penyelenggaraan kegiatan tugas belajar, izin belajar atau kegiatan lainnya dalam rangka peningkatan kinerja dan disiplin aparatur pemerintah berbasis kompetensi. Sehingga program dan kegiatan yang diselenggarakan di lingkungan Pemerintahan Provinsi Jawa Barat nantinya diharapkan berjalan secara sinergis dan kontributif terhadap perwujudan tujuan pembangunan Provinsi Jawa Barat di tahun 2025.
Tujuan besar dilaksanakannya program 300 Doktor adalah untuk mengakselerasi pencapaian sasaran pembangunan Provinsi Jawa Barat sampai tahun 2025 dengan didukung aparatur pemerintah yang berkualitas tinggi serta berdaya saing.

Kirim komentar atau pendapat Anda

Kirim sebagai tamu

0

Peserta perbincangan ini